SMK Syafi’i Akrom Raih Medali Perunggu di LKS SMK Provinsi Jateng ke-29


LKS-SMK atau Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan adalah agenda wajib yang diadakan setiap tahunnya. Kegiatan ini terdiri dari rangkaian seleksi dari tingkat kota/kabupaten, tingkat provinsi sampai nasional, dengan cabang lomba dari berbagai jenis ilmu pengembangan seperti seni, pariwisata sampai teknologi. Tujuan akhir dari event ini adalah untuk mendapatkan siswa-siswi terbaik dari seluruh Indonesia yang akan dibimbing lebih lanjut oleh tim bidang kompetisi masing-masing dan akan diikutsertakan pada kompetisi keahlian tingkat internasional yaitu ASEAN Skills dan World Skills.

Di masa pandemi ini kompetisi LKS tingkat provinsi Jawa Tengah yang ke XXIX tetap diadakan dengan metode daring (online). Kegiatan ini sudah berlangsung pada tanggal 22 – 25 Maret 2021 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Sebelumnya, LKS Nasional Tahun 2020 juga berhasil digelar dengan metode daring oktober kemarin.

Diawali dengan Opening LKS XXIX pada senin malam 22 maret 2021. Secara keseluruhan LKS tahun ini berlangsung selama 3 hari. Hari  pertama peserta  melakukan registrasi kemudian brefing dan mengerjakan Task 1. Hari kedua setelah brefing, peserta melanjutkan mengerjakan Task 2 dan 3. Dan hari terakhir merupakan waktu penilaian kemudian diakhiri dengan penutupan dan pengumuman pemenang pada kamis sore 25 maret 2021. Dari mulai opening sampai penutupan LKS tahun ini dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting dengan dua kamera dari arah depan dan belakang peserta. Camera dari setiap peserta wajib selalu on selama lomba agar juri dapat selalu mengawasi kegiatan peserta.

Pada penyelenggaraan LKS SMK Tingkat Provinsi Jawa Tengah ke XXIX ini SMK Syafi’i Akrom berhasil membawa satu medali perunggu dari mata lomba Graphic Design Technology yang diikuti oleh 34 peserta perwakilan kabupaten/kota seluruh jawa tengah. Yaitu Adim Diyamar Ridlwan yang sekarang duduk di kelas XII RPL 1 berhasil menjadi terbaik ke 3. Sebelumnya di tingkat kota, Adim, sapaan akrabnya, melewati seleksi bersama 14 peserta dari 7 SMK di Kota Pekalongan desember tahun lalu.

 “Saya merasa bangga dapat mewakili kota pekalongan dalam lomba LKS ini. Juga saya sangat berterimakasih kepada pembimbing dan para guru dari smk yang telah membimbing saya dari mulai lks tingkat kota sampai tingkat provinsi dan bisa meraih juara 3 di tingkat provinsi. Ini adalaha suatu pengalaman berharga di hidup saya” ungkap Adim. “Semoga smk syafi’i akrom ini semakin maju dan ke depannya bisa lebih berprestasi lagi di lomba lks ini tak hanya di tingkat provinsi tapi bisa sampai di kancah world skils” imbuhnya.

Pada LKS Provinsi tersebut bukan hanya Adim yang berkompetisi tetapi ada 4 temannya dengan mata lomba berbeda yaitu Muhammad Mundzir Tamam yang masuk 5 besar pada mata lomba Web Technologies, Niaturrofiah mata lomba Fashion Technology, A. Rakha MN  mata lomba Automobile Technology dan  A. Dhifan mata lomba Motorcycle Repair and Maintanance.

4 thoughts on “SMK Syafi’i Akrom Raih Medali Perunggu di LKS SMK Provinsi Jateng ke-29

  1. Selamat dan sukses untuk yang juara yang belum berkesempatan meraih juara jangan berkecil hati masih banyak kesempatan.

    Terima kasih pada bapak ibu guru pembimbing LKS 🙏

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.