SMK Syafi’i Akrom Mengikuti Seleksi SMK Pusat Keunggulan 2021


SMK Syafi’I Akrom Kota Pekalongan merupakan satu-satunya SMK yang mendapatkan predikat Center Of Excellence (COE) di kota Pekalongan pada tahun 2020. SMK Syafi’I Akrom menyandang status COE dengan kompetensi keahlian unggulan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Pada tahun ini program Center of Excellence (COE) bertransformasi menjadi Pusat Keunggulan (SMK PK). Melalui kanal Youtube resmi Kemendikbud Mas Mentri Nadiem Makarim meresmikan Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK PK) secara daring melalui live streaming  pada Rabu (17/3/2021).

Pada peluncuran SMK Pusat Keunggulan yang berlangsung daring tersebut, Mendikbud mengajak SMK di Indonesia untuk bergabung dalam program SMK Pusat Keunggulan yang telah resmi diluncurkan. Untuk menjadi SMK Pusat Keunggulan, calon SMK Pusat keunggulan wajib mendaftarkan diri dan tentunya mengikuti seleksi yang ketat. Dari 14 ribu SMK yang ada di Indonesia, hanya 895 SMK yang akan menjadi SMK Pusat Keunggulan dengan 7 sektor prioritas SMK Pusat Keunggulan. Diantaranya adalah ekonomi kreatif, pemesinan dan konstruksi, hospitality, care services, maritim, pertanian, dan kerja sama luar negeri.

Program Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pusat Keunggulan merupakan wujud nyata dari upaya pembenahan pendidikan vokasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. SMK yang ditunjuk menjadi SMK Pusat Keunggulan akan menjadi akselerator bagi SMK lain sehingga dapat bersama menghasilkan SDM yang unggul dan berdaya saing.


SMK Syafi’I Akrom Kota Pekalongan-pun mengikuti seleksi SMK Pusat Keunggulan dengan tujuan untuk selalu melakukan improvement atau pun perubahan ke arah yang lebih baik. Program Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pusat Keunggulan adalah wujud nyata dari upaya pembenahan pendidikan vokasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Setiap SMK yang mengajukan diri menjadi SMK Pusat Keunggulan wajib mengirimkan Video Profile yang menggambarkan diri Calon SMK PK secara lengkap. Berikut ini link video profile dari SMK Syafi’I Akrom kota Pekalongan.

2 thoughts on “SMK Syafi’i Akrom Mengikuti Seleksi SMK Pusat Keunggulan 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.