SMK Syafi’I Akrom Ditetapkan Sebagai SMK Pusat Keunggulan


Melalui kanal Youtube resmi Kemendikbud, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim meresmikan Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK PK) pada Rabu, 17 Maret 2021 yang lalu. Program SMK Pusat Keunggulan adalah pengembangan dari program-program sebelumnya yakni  SMK CoE dan SMK Revitalisasi yang lebih berfokus pada pengembangan SDM SMK.

SMK Syafi’I Akrom yang tahun 2020 merupakan satu-satunya Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Pekalongan yang mendapatkan label SMK Center of Excellence (COE) bersama SMK-SMK lain di Kota Pekalongan dan 14 ribu SMK di seluruh Tanah Air bersaing dalam seleksi SMK Pusat keunggulan tahun 2021. Setelah melalui serangkaian proses seleksi, melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi nomor 22/D/O/2021 tanggal 20 April 2021 tentang Penetapan Sekolah Menengah Kejuruan Pelaksana Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan Tahun 2021 Tahap 1, SMK Syafi’I Akrom ditetapkan sebagai SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) untuk sektor ekonomi kreatif di Kota Pekalongan.

Sekolah Menengah Kejuruan yang mendapatkan predikat SMK Pusat Keunggulan akan menjadi SMK rujukan yang dapat berfungsi sebagai sekolah penggerak dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya.  Sebagai SMK PK, SMK Syafi’I Akrom Pekalongan wajib memenuhi dan mencapai target dan  tujuan dari program SMK Pusat keunggulan. Yaitu menjadi Sekolah Menengah Kejuruan  yang mampu menghasilkan lulusan yang kompeten pada kompetensi keahlian tertentu dan terserap di dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja, serta dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi dengan pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik berbasis industri 4.0.

Melihat beban berat yang harus dipikul oleh setiap SMK PK, maka setiap SMK PK akan mendapatkan pendampingan dari perguruan tinggi yang telah memenuhi kriteria dan telah ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi. Perguruan tinggi yang ditunjuk untuk mendampingi SMK PK harus mendampingi Sekolah dalam mencapai target luaran, hasil dandampak (output, outcome, impact) yang ditargetkan program SMK Pusat Keunggulan.

Kontributor : Muhammad Bariq Subali

4 thoughts on “SMK Syafi’I Akrom Ditetapkan Sebagai SMK Pusat Keunggulan

  1. Alhamdulillah semoga bermanfaat untuk siswa dan Ponpes SMK Syafi’i Akrom jaya di Nusantara 👍

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.