Penyelarasan Kurikulum Dengan Industri Melalui Pintar Bersama Daihatsu


Sebagai SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) sektor ekonomi kreatif, SMK Syafi’i Akrom Pekalongan bekerjasama dengan PT. Astra Daihatsu Motor untuk melakukan perubahan ke arah pendidikan Indonesia yang lebih baik. Melalui program pintar bersama Daihatsu, SMK Syafi’i Akrom dan PT. Astra Daihatsu Motor saling terikat komitmen untuk melakukan penyelarasan demi terciptanya lulusan SMK Syafi’i Akrom Pekalongan yang siap kerja di dunia industri.

Program ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik untuk memasuki dunia kerja dan dunia industri. Selama ini lulusan SMK Syafi’i Akrom Pekalongan dipandang hanya pandai dalam hal hard skill saja, namun kompetensinya soft skill terkesan sangat kurang. PT. Astra Daihatsu Motor memandang bahwa kelemahan peserta didik dan sekolah bukan pada aspek pengetahuan dan ketrampilan, tetapi lebih pada aspek attitude atau nilai sikap. Program pintar bersama daihatsu membekali siswa dengan hard skill serta soft skill yang baik. Peserta didik dibekali keterampilan yang riil atau identik sesuai dengan kondisi industri atau bengkel daihatsu. Materi program pintar bersama Daihatsu ini dimasukkan ke dalam kurikulum sekolah, menambah struktur kurikulum yg sudah ada sebelumnya.

Melalui program pintar bersama daihatsu, SMK Syafi’i Akrom Pekalongan wajib memenuhi aspek minimun penyelarasan kurikulum dan budaya industri yang telah disusun oleh tim pintar bersama daihatsu. Selama lebih kurang 1 semester, SMK Syafi’i Akrom Pekalongan mempersiapkan persiapan dan pembenahan dalam hal fisik maupun non fisik seperti penataan bengkel dan laboratorium, melengkapi dokumen-dokumen administrasi program pintar bersama daihatsu, memasang rambu-rambu petunjuk arah dan keselamatan di semua program keahlian.

pintar bersama daihatsu
Penyelarasan kurikulum dengan PT. Astra Daihatsu Motor

Sebagai tindak lanjut dari program pintar bersama daihatsu, Sabtu, 30 oktober 2021, SMK Syafi’i Akrom menyelenggarakan acara workshop penyelarasan kurikulum dan bahan ajar manual dan digital bersama tim pintar bersama Daihatsu area Jawa tengah yang diwakili oleh Pak Masrukin dan Pak Radit.

Program pintar bersama Daihatsu ini bukanlah hajat dari satu program keahlian saja, namun merupakan hajat sekolah untuk berbenah ke arah yang lebih baik. Dengan adanya program pintar bersama Daihatsu ini diharapkan sekolah lebih maju dan peserta didik memiliki karakter yg baik sehingga siap menghadapi dunia kerja. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Hallo,.
Ada yang bisa kami bantu?